Tuesday 30th of September 2014

Mata Kuliah Administrasi Bisnis
Article Index
Mata Kuliah Administrasi Bisnis
Page 2
All Pages

1.     Pengantar Ilmu Administrasi Bisnis (3 sks)

Tujuan yang hendak dicapai melalui mata ajaran ini adalah agar mahasiswa memahami proses penyelenggaraan kegiatan kerja sama dalam rangka pencapaian suatu tujuan dalam organisasi bisnis. Pokok bahasan dalam mata ajaran ini meliputi pengertian Ilmu Administrasi bisnis, kedudukan Ilmu Administrasi dalam dunia ilmu, pelopor dalam Ilmu Administrasi, pengenalan organisasi, bentuk-bentuk badan usaha, kepemimpinan, proses pengambilan keputusan, tanggung jawab sosial perusahaan, serta fungsi-fungsi bisnis seperti produksi, pemasaran, keuangan, personalia.

2.     Akuntansi I (3 sks) 

Mata kuliah ini memperkenalkan pada mahasiswa tentang cara penyelenggaraan pencatatan secara sistematis berbagai transaksi bisnis, terutama perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa, sehingga dapat disusun suatu laporan keuangan berupa neraca dan laporan rugi laba.  

3.     Organisasi dan Manajemen (3 sks)

Mata kuliah ini akan diawali dengan pemahaman tentang organisasi dan manajemen dalam hubungannya dengan administrasi, hakekat organisasi modern, unsur-unsur fungsional dari manajemen dan hubungan-hubungan dalam organisasi. Dengan demikian mahasiswa diharapkan memahami pengertian dan pengetahuan tentang organisasi dan manajemen, teori organisasi, struktur dan disain organisasi, bentuk organisasi dan sasaran organisasi.      

4.     Kebijakan Bisnis (3 sks)

Mahasiswa mampu menganalisa masalah-masalah perusahaan dan mengevaluasi strategi perusahaan. Dalam mata kuliah ini akan dibahas mengenai proses penyusunan strategi sejak dari penilaian hasil yang dicapai perusahaan selama ini, analisis terhadap lingkungan internal dan eksternal dengan pendekatan analisis SWOT, analisis portofolio bisnis, penetapan berbagai alternatif strategi, perumusan dan penerapan kebijakan perusahaan.       

5.     Perilaku Organisasi (3 sks)

Mata ajaran ini akan membahas tentang pengertian dan ruang lingkup perilaku organisasi, perilaku individu, nilai, sikap, motivasi dan jenis perilaku kelompok dalam organisasi, kepemimpinan dan pengambilan keputusan serta dimensi organisasi dan lingkungan. Melalui mata ajaran ini diharapkan mahasiswa mampu memahami tentang konsep, prinsip dan teori ilmu perilaku serta aplikasinya pada perilaku manusia dalam organisasi.         

6.     Kepemimpinan (2 sks)

Dalam mata kuliah ini mahasiswa akan mempelajari tentang berbagai teori, metode dan teknik kepemimpinan. Topik-topik yang akan dibahas meliputi fungsi dan peran kepemimpinan, bentuk dan gaya kepemimpinan, hubungan kepemimpinan dan kekuasaan, pengaruh situasi terhadap kepemimpinan serta perkembangannya dalam masyarakat modern. Akhirnya diharapkan mahasiswa akan mampu memahami arti penting pemimpin dan berbagai  aspek kepemimpinan dalam sebuah organisasi.  

7.     Manajemen Sumber Daya Manusia (3 sks)

Mata ajaran ini membahas mengenai prinsip-prinsip pendayagunaan tenaga dan mengelola sumber daya yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan manusia sejalan dengan prinsip pengelolaan sumber daya manusia secara efisien dan efektif dalam pencapaian tujuan organisasi/perusahaan. Topik-topik yang akan dibahas di sini antara lain manusia dan organisasi, pengaruh hadiah dan hukuman pada perilaku kerja, serta pengadaan, pengelolaan dan pengembangan pegawai.   

8.     Korespondensi Bahasa Inggris (2 sks)

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan tentang cara berkomunikasi tulis dalam bahasa Inggris yang berhubungan dengan kepentingan bisnis. Penekanan mata kuliah ini pada kemampuan berkorespondensi, khususnya korespondensi bisnis dalam bahasa Inggris. Materi pokok meliputi the enquiry, replies to enquiries, offers, order, excution of order.     

9.     Demografi (2sks)

Mata kuliah ini membahas konsep-konsep demografi dan penduduk dan pembangunan ekonomi sosial budaya, pertumbuhan hidup dan peningkatan kualitas kehidupan penduduk serta pertumbuhan penduduk dan ketenagakerjaan. Di samping itu juga dibahas tentang Demografi Umum (masalah penduduk, teori penduduk dan perkembangan penduduk) dan demografi (kalkulasi berbagai ukuran demografi, kalkulasi data fertilitas, dan perkiraan tingkat penduduk).     

10.   Statistik Bisnis (2sks)

Setelah mempelajari mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu memahami Statistik inferensial dan aplikasinya dalam bidang studi Administrasi Bisnis serta mampu menggunakan berbagai teknik analisis statistik sesuai dengan masalah yang dihadapi. Dalam mata kuliah ini akan diajarkan teori probabilitas, distribusi teoritis, pengujian hipotesis, teknik statistik parametrik dan statistik non parametrik.   

11.   Akuntansi II (3 sks)

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan tentang konsep, prinsip, prosedur Akuntansi dalam rangka penyusunan laporan Keuangan berupa Neraca dan Laporan Rugi Laba,  meliputi pos-pos neraca khususnya aktiva tetap, hutang dan modal, serta penerapan prinsip akuntansi Indonesia meliputi kuitansi, surat berharga/investasi jangka pendek, piutang dagang dan piutang wesel, persediaan, aktiva tetap berwujud, aktiva tetap tidak berwujud.

12.   Hukum Bisnis (2 sks)

Mata kuliah ini akan membahas pengertian hukum perdata, azas-azas pembuatan kontrak/perjanjian, serta sumber-sumber hukum dan akibat hukum perjanjian, beberapa bentuk perjanjian, perantara dalam perniagaan, surat berharga, kepailitan dan bentuk-bentuk persekutuan.

13.   Ekonomi Makro (3 sks)

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan kepada mahasiswa mengenai kerja perekonomian secara keseluruhan yang antara lain membahas mengenai pengukuran aktivitas ekonomi, fungsi konsumsi, saving dan investasi, uang dan suku bunga, teori pertumbuhan ekonomi, pengangguran serta perdagangan internasional sehingga mahasiswa memiliki wawasan dalam era globalisasi.    

14.   Akuntansi Biaya (3 sks)

Setelah mempelajari mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat memahami klasifikasi dan penetapan biaya dalam kegiatan perusahaan. Dalam mata kuliah ini akan dibahas tentang dasar-dasar dan bentuk laporan keuangan dalam akuntansi biaya, konsep dasar penggunaan dan klasifikasi biaya, prosedur pencatatan biaya, guna penghitungan biaya produk serta perencanaan dan pengawasan biaya, penghitungan biaya sebagai dasar pengambilan keputusan manajemen.

15.   Ekonomi Mikro (3 sks)

Mata kuliah ini berkisar pada prinsip-prinsip yang dipakai sebagai dasar dalam pengambilan keputusan bagi konsumen dan perusahaan selaku produsen.  Di Samping itu juga dibahas tentang teori perilaku konsumen, perilaku produsen,  faktor-faktor yang menjadi dasar dan kekuatan untuk terjadinya permintaan konsumen dan penawaran produsen akan sesuatu barang, serta pembahasan tentang ilmu ekonomi kesejahteraan (welfare economics).

16.   Perbankan (2 sks)

Setelah mempelajari mata kuliah ini, diharapkan mahasiswa dapat memahami pengertian dasar perbankan dan peranannya dalam dunia usaha sebagai sumber pembelanjaan pada khususnya, dan pengaruhnya terhadap pertumbuhan perekonomian dan moneter pada umumnya. Topik-topik yang akan dibahas meliputi pengertian dan sejarah uang dan perbankan, fungsi dan jenis uang, alat-alat pembayaran yang dapat dinegosiasi, politik dan standar moneter, serta kaidah-kaidah perkreditan.

17.   Sistem Informasi manajemen (3 sks)

Secara umum mata kuliah ini membahas tentang beberapa aspek teknologi, manajerial dan organisasi dari sebuah sistem informasi. Pokok bahasan dalam mata kuliah ini meliputi pengantar sistem informasi berbasis komputer, aplikasi teknologi informasi, sistem informasi strategi, organisasi dan sistem informasi, serta isu-isu pengembangan sistem informasi dalam mendukung proses pengambilan keputusan.

18.   Hubungan Industrial (2 sks)

Mata kuliah ini dimaksud untuk memberikan gambaran kepada mahasiswa tentang ketentuan mengenai hubungan kerja antara pengusaha dan pekerja. Dalam mata kuliah ini akan dibahas tentang permasalahan ekonomi, politik, sosial budaya baik yang secara langsung maupun tidak langsung berpengaruh terhadap hubungan antara pekerja dan pengusaha. Pokok bahasan mata kuliah ini antara lain mencakup pemutusan hubungan kerja. Perlindungan pekerja, penyelesaian perselisihan ketenagakerjaan, serta kedudukan Pancasila sebagai landasan ketentuan dalam hubungan industrial yang berlaku di Indonesia.      

19.   Administrasi Perpajakan (3 sks)

Mata kuliah ini membahas tentang ketentuan umum dan tata cara perpajakan, pajak bumi dan bangunan, pajak penghasilan, pajak pertambahan nilai barang dan jasa, bea materai dan penerapannya dalam perusahaan, hak dan kewajiban perusahaan dalam bidang perpajakan. Dengan ini mahasiswa diharapkan mengetahui proses pemungutan, sistem dan prinsip perpajakan, aplikasi peserta praktik pelaksanaan perpajakan.      

20.   Ekspor Impor (2 sks)

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberi wawasan pemahaman dan keterampilan kepada mahasiswa tentang penyelenggaraan perdagangan internasional melalui kegiatan ekspor impor. Dalam mata kuliah ini dipelajari transaksi perdagangan internasional, kontrak penjualan, metode pembayaran internasional  menggunakan Leter of Credit (L/C) / metode pembayaran non (L/C), dokumen pengapalan, dokumen finansial, dokumen komersial, dokumen asuransi, prosedur ekspor, prosedur impor.  

21.   Kuliah Kerja Nyata (2 sks)

Mata ajaran ini merupakan kegiatan praktik di tengah kehidupan masyarakat dengan mengintegrasikan kegiatan-kegiatan pengabdian kepada masyarakat sebagai perwujudan dharma ketiga dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Melalui mata ajaran ini mahasiswa akan belajar bekerja dan berkarya secara mandiri (baik dalam bentuk kegiatan individual maupun kelompok) dalam kerangka pemikiran interdisipliner untuk pengembangan kemampuan dalam aspek kognisi, afeksi maupun psikomorik sehingga mahasiswa lebih siap berkarya di lingkungan sosial ketika mereka sudah menjadi sarjana.     

22.   Manajemen Investasi (3 sks)

Dalam mata kuliah ini, mahasiswa diajarkan tentang pengertian investasi, jenis-jenis investasi, pengenalan transaksi di bursa efek, teknik analisis saham baik analisis fundamental ataupun analisis teknis sebagai pedoman dalam melaksanakan keputusan investasi pada surat berharga (sekuritas).  

23.   Riset Operasional Bisnis (3 sks)   

Mata kuliah ini menitikberatkan perhatiannya pada teknik riset dalam rangka untuk memperoleh kombinasi penggunaan sumber daya yang ada seoptimal mungkin dalam sebuah organisasi bisnis. Melalui mata ajaran ini mahasiswa diharapkan maupun memahami dan menerapkan prosedur riset dalam kerangka operasi kegiatan bisnis yang meliputi pendefinisian masalah, pembentukan model, pemecahan modal, validasi model, implementasi model serta evaluasi terhadap pelaksanaan model tersebut. Dalam mata kuliah ini dibahas analisis biaya, model pemrograman linier sederhana, metode simpleks, analisis sensitivitas, serta model jaringan.      

24.   Manajemen Produktivitas (3 sks)

Mata kuliah ini meliputi beberapa pokok bahasan seperti pengertian produktivitas, hubungan produktivitas dan kualitas, pengukuran produktivitas, manajemen kualitas total (Total Quality Menagement), alat-alat manajemen kualitas total, serta trend/kecenderungan metode dalam manajemen produktivitas dan kualitas.  

25.   Perilaku Konsumen (2 sks)

Pengetahuan tentang perilaku konsumen sangat penting dalam menjalankan bisnis, sehingga melalui mata kuliah ini mahasiswa diharapkan akan dapat mengetahui kecenderungan yang ada dalam pasar suatu produk, memprediksi perilaku konsumen maupun melakukan segmentasi pasar sasaran berdasarkan perilaku konsumen. Dalam mata kuliah ini dibahas tentang model perilaku konsumen, faktor utama yang mempengaruhi perilaku pembelian, serta proses keputusan pembelian.       

26.   Manajemen Keuangan Bisnis (3 sks)

Dengan mempelajari mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat menganalisis keadaan keuangan perusahaan dan mengetahui cara pengambilan keputusan, menentukan besarnya proyek investasi dan mengevaluasi proyek investasi. Dalam mata kuliah ini akan dibahas beberapa materi pokok adalah fungsi manajer keuangan, proyeksi laporan keuangan berupa neraca dan laporan rugi laba, manajemen aktiva tetap, pengambilan keputusan dalam penetapan jumlah penjualan kebijakan kredit, penetapan tingkat persediaan, penetapan investasi serta struktur modal dan penilaian perusahaan.    

27.   Evaluasi Proyek (3 sks)

Melalui mata ajaran ini diharapkan mahasiswa dapat mengetahui dan memahami agar suatu perusahaan tetap survive harus menetapkan alternatif kegiatan atau proyek yang telah dianalisis sebelumnya. Dalam mata kuliah ini akan diajarkan ruang lingkup dan konsep-konsep dalam menilai kelayakan usulan suatu proyek, termasuk berbagai informasi yang  berhubungan dengan usulan suatu proyek, termasuk berbagai informasi yang berhubungan dengan usulan proyek tersebut meliputi aspek-aspek pemasaran, produksi, teknis, keuangan, manajemen serta aspek ekonomi.

28.   Metodologi Penelitian Bisnis  (2 sks)

Sebagai kelanjutan dari mata kuliah Metodologi Penelitian Sosial, maka melalui mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat memperoleh pengetahuan dan praktik membuat berbagai disain penelitian, melakukan kegiatan penelitian di lapangan, menganalisis data serta menghasilkan suatu laporan penelitian  terutama penelitian ilmiah di bidang Ilmu Administrasi Bisnis.   

29.   Manajemen Bisnis Internasional (2 sks)

Dalam mata kuliah ini akan dibahas tentang teori perdagangan internasional, lingkungan bisnis internasional, bentuk-bentuk kegiatan bisnis internasional, rintangan perdagangan bebas, prosedur ekspor-impor, strategi global memasuki bisnis internasional, kerja sama internasional serta neraca pembayaran  dan sistem moneter internasional. 

30.   Manajemen Keuangan Internasional (3 sks)     

Mata kuliah ini membahas pengetahuan tentang globalisasi bisnis di bidang manajemen keuangan. Fenomena perusahaan  multinasional membawa

implikasi dalam bidang keuangan terutama menyangkut merger dan akuisisi. Pemahaman tentang sumber-sumber pendanaan internasional akan membuka wawasan mahasiswa dalam lingkungan persaingan bisnis. Dalam mata kuliah ini juga dibahas tentang integrasi vertikal, integrasi horisontal dan holding company.    

 31.   Kebajikan dan Strategi Produksi (3 sks)

Melalui mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat memahami ruang lingkup, kedudukan dan fungsi manajemen produksi. Adapun beberapa topik yang akan diajarkan meliputi : spesifikasi produk, disain proses, penentuan lokasi pabrik, tata letak & tata ruang pabrik, penanganan persediaan, metode produksi, pengendalian produksi, ramalan dan perencanaan  produksi.    

32.   Kebijakan dan Strategi Pemasaran (3 sks)

Mata ajaran ini menjelaskan tentang konsep-konsep dan pengertian perencanaan, pengorganisasian untuk mencapai sasaran kegiatan pemasaran perusahaan. Pembahasan mata kuliah ini mencakup ruang lingkup manajemen pemasaran, analisis pasar, perencanaan pemasaran strategis, pengorganisasian dan pengendalian pemasaran, kebijakan penetapan produk, penetapan harga, kebijakan saluran distribusi serta strategi promosi. 

33.   Seminar Kebijakan Bisnis (2 sks)

Mata ajaran ini membahas isu-isu dan kasus-kasus aktual yang berkaitan dengan proses penyusunan strategi sejak dari penilaian hasil yang dicapai perusahaan selama ini, analisis terhadap lingkungan internal dan external dengan pendekatan analisis SWOT, analisis portofolio bisnis, penetapan berbagai alternatif strategi, perumusan dan penerapan kebijakan perusahaan.

34.   Bahasa Indonesia (2 sks)   

Mata kuliah ini bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa dalam penyusunan laporan hasil penelitian (karya ilmiah). Dengan demikian, setelah mempelajari mata kuliah ini diharapkan mahasiswa maupun membuat tulisan ilmiah sesuai dengan aturan dan kaidah-kaidah penulisan karya ilmiah yang tepat dan benar.

35.   Skripsi (6 sks)

Melatih mahasiswa secara mandiri memantapkan seluruh pengetahuan yang diperolehnya dalam bidang Ilmu Administrasi Bisnis melalui penelitian dan menuliskannya dalam bentuk skripsi. Dalam penyusunan skripsi dipilih salah satu topik dan mengkonsultasikannya dengan dosen pembimbing serta mempertahankannya di depan Dewan Penguji.

 36.   Strategi Pemasaran Internasional (3 sks)

Mata kuliah ini menjelaskan tentang konsep-konsep pemasaran ditinjau dari strateginya untuk memasuki pasar internasional. Dengan demikian, setelah selesai mempelajari mata kuliah ini, diharapkan mahasiswa mampu menganalisis perkembangan pasar yang bersifat nasional ke arah pasar global akibat pengembangan dan pemasaran produk secara massal dan berskala besar untuk kegiatan pemasaran internasional.

37.   Auditing (2 sks)

Melalui mata kuliah ini mahasiswa akan memahami tentang ruang lingkup pemeriksaan akuntan, tanggung jawab akuntan publik, fungsi akuntan publik, tujuan pemeriksaan akuntan publik serta sistem pelaporan hasil pemeriksaan akuntan.

38.   Kewirausahaan (3 sks)

Sebagai upaya untuk menumbuhkan wawasan dan minat mahasiswa dalam menciptakan peluang kerja secara mandiri, dalam mata kuliah ini mahasiswa diberikan pengetahuan tentang pengertian kewirausahaan , sikap mental wirausaha, inovasi dan kreativitas sebagai sumber kewirausahaan, teknik-teknik menganalisis lingkungan, manajemen kewirausahaan, strategi kewirausahaan dan praktik kewirausahaan.

39.   Studi Ekskursi (2 sks)

Dalam upaya memberikan bekal kepada mahasiswa untuk terjun ke dunia kerja serta untuk lebih mendekatkan dunia akademis dengan dunia industri, mahasiswa dibawa untuk melihat bagaimana proses yang terjadi pada dunia industri sejak mulai dari menciptakan produk sampai dengan mendistribusikan produk pada kepada konsumen. Dengan demikian, diharapkan mahasiswa akan mampu membandingkan antara teori yang diterima di bangku kuliah dengan praktik nyata di lapangan.

40.   Komunikasi Bisnis (2 sks)

Dalam rangka memberikan pengetahuan kepada mahasiswa tentang pelaksanaan fungsi komunikasi untuk mendukung operasi organisasi bisnis, maka dalam mata kuliah ini akan diajarkan beberapa pokok bahasan seperti proses komunikasi, lingkungan komunikasi bisnis, merancang strategi komunikasi dalam bisnis, mengkomunikasikan visi dan misi organisasi, mengkomunikasikan budaya korporasi, mengkomunikasikan perubahan, komunikasi interdepartemen dan pemilihan media komunikasi.

41.   Etika Bisnis (2 sks)

Mata kuliah ini memberikan wawasan kepada para mahasiswa tentang pemikiran dan refleksi moralitas dalam bisnis. Pokok bahasan mata kuliah ini meliputi peran etika dalam bisnis, pemahaman dasar-dasar teori etika, prinsip-prinsip etika bisnis, konsep etika dalam fungsi produksi, pemasaran, keuangan dan personalia serta tanggung jawab sosial perusahaan.

42.   Pasar Modal (2 sks)

Dalam mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mahasiswa memperoleh wawasan dan pengetahuan tentang pentingnya peran pasar modal dalam perdagangan saham dan obligasi. Pokok bahasa mata kuliah ini mencakup pengertian pasar modal, klasifikasi pasar sekuritas, jenis saham dan obligasi, proses jual beli saham, serta mekanisme pengaturan pasar sekuritas.  

43.   Analisis Lingkungan Bisnis (2 sks)

Mata kuliah ini mempelajari tentang lingkungan internal dan lingkungan eksternal yang mempengaruhi kinerja perusahaan. Pemahaman tentang lingkungan bisnis ini difokuskan pada penentuan kekuatan dan kelemahan organisasi bisnis serta identifikasi peluang dan ancaman bagi perusahaan dalam perspektif penyusunan strategi dan kebijakan bisnis.        

44.   Cyber Marketing ( 2sks)

Mata kuliah ini membahas tentang praktik manajemen pemasaran secara elektronik dengan memanfaatkan teknologi berbasis jaringan peralatan digital. Akan dibahas tentang karakteristik lingkungan ekonomi digital, evolusi e-Business di perusahaan, type-type transaksi e- Commerce mekanisme transaksi di internet, aspek hukum dalsm transaksi di internet serta mengembangkan strategi pemasaran di dunia maya. 

45.   Analisis & Disain Sistem (3 sks)

Sasaran utama mata kuliah ini adalah memberikan pengetahuan kepada mahasiswa tentang konsep dan teknik melakukan analisis dan merancang sistem dalam kerangka pengembangan system informasi sebuah organisasi. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa mempelajari tentang konsep pengembangan sistem, pendekatan analisis system, serta perancangan sistem secara umum dan secara rinci.

46.   Analisis Pengambilan Keputusan ( 2sks)

Dalam mata kuliah ini, mahasiswa mempelajari proses pengembalian keputusan pimpinan dalam organisasi bisnis dengan pendekatan model probabilistik. Dalam mata kuliah ini dipelajari tentang konsep dasar probabilitas, analisis keputusan, teori permainan, teori antrian dan Analytical Hierarchy Process.  

47.   MSDM Internasional (2 sks)

Materi yang diberikan berhubungan pengertian dan perbedaan antar negara yang berpengaruh pada SDM internasional memperbaiki                                                                                                                                                                                                                                                            penugasan internasional melalui seleksi karyawan, pelatihan khusus untuk calon-calon penguasaan luar negeri hal-hal yang menjadi pertimbangan utama dalam merumuskan rencana kompensasi bagi karyawan luar negeri, repatriasi karyawan di luar negeri, juga membahas upaya mengembangkan komitmen yang terdiri bagi latar belakang negara asal dalam filosofi korporasi. 

48.   Perencanaan Bisnis (2 sks)

Mata kuliah ini memberikan keahlian bagi mahasiswa untuk menyusun rencana pendirian atau reorganisasi unit bisnis secara komprehensif dalam rangka melengkapi kecakapan kewirausahaan. Pokok bahasan utama meliputi visi, misi dan tujuan perusahaan Key Success Factor, segmen bisnis, penentuan produk, penyusunan rencana pasar, perencanaan organisasional, rencana operasi, sumber daya manusia, dan financial.     

49.   Studi Kelayakan Bisnis (3 sks)

Mulalui mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat memahami aspek-aspek utama dalam penilaian kelayakan usulan proyek bisnis. Mata Kuliah ini mempelajari tuang lingkup dan konsep-konsep penilaian kelayakan bisnis ditinjau dari berbagai persaingan, kebijakan pemerintah, ekonomi  dan sosial.

 50.   Manajemen Retail (2 sks)  

Secara umum mata kuliah ini bertujuan untuk mengkaji tentang pengelolaan bisnis retail pada berbagai sektor, tipe dan skala. Dalam mata kuliah ini dipelajari lingkup pentingnya bauran retail, strategi competitive positioning, perencanaan store, spesifikasi produk, design layout dan layanan store.  

Mata Kuliah Wajib
No.Mata KuliahSmtSKS
1.Peng. Ilmu EkonomiI3
2.Peng. Ilmu Adm. BisnisI3
3.Pengantar SosiologiI2
4.PancasilaI2
5.AgamaI2
6.Akuntansi II3
7.MatematikaI2
8.Bhs. InggrisI2
9.Pengantar Ilmu PolitikI3
10.Tek. Informasi & Kom.III2
11.Hukum BisnisIII2
12.DemografiIII2
13.Akuntansi BiayaIII3
14.Statistik BisnisIII2
15.Dasar-Dasar LogikaIII3
16.Ekonomi MikroIII3
17.Administrasi PerpajakanIII3
18.Widya Mwat YasaIII2
19.Organisasi & ManajemenV3
20.Riset Operasional BisnisV3
21.Kebij. & Strat. ProduksiV3
22.Perilaku KonsumenV2
23.Met. Penelitian SosialV3
24.Praktek MagangV2
25.Studi EkskursiVII2
26.Seminar Kebijakan BisnisVII2
27.SkripsiVII6


 

Copyright 2009. UPN "VETERAN" Jawa Timur.Powered by SI06